.

.

.

.

Pertemuan Puncak Pemimpin MSG Di Rencanakan 20 Desember Bulan Depan

Pemimpin- Pemimpin Anggota Malanesia Sperheat Group (MSG)/Ils
Vanuatu (KM)-- Direktur Jenderal (Dirjen) dari  Sekretariat Melanesian Spearhead Group (MSG), Amena Yauvoli  mengatakan pertemuan puncak para pemimpin MSG, yang telah ditunda dari bulan Oktober, berencana dijadwalkan untuk Desember 2016.
Seperti, media Daily Vanuatu  memberitakan bahwa, baru sebelum berangkat ke Fiji, DG Yauvoli menegaskan bahwa jika semua Pemimpin MSG, setuju maka  KTT akan berlangsung pada tanggal 20 Desember bulan depan.
"Saat ini, kami bekerja sama dengan negara-negara anggota untuk menyepakati tanggal pelaksanaannya. "Kami masih menunggu konfirmasi dari negara-negara anggota  untuk dapat konfirmasi balik, jelasnya.
Ketika ditanya tentang kemungkinan pertemuan ditunda hingga 2017 karena tidak adanya konsensus pada tanggal, DG mengatakan itu tergantung pada pemimpin MSG.
"Itu adalah sebuah kemungkinan, tapi seperti yang kita semua tahu organisasi adalah  semua anggota didorong  dimana keputusan dibuat oleh para pemimpin dan anggota," katanya. "Sekretariat tidak membuat keputusan apapun, kami hanya memfasilitasi, menyediakan dan merekomendasikan kepada Pemimpin.
"Jika sebagian besar Pemimpin menjamin pertemuan untuk diadakan pada tanggal 20 Desember, maka akan dilakukan."
Mengomentari agenda, DG Yauvoli mengatakan, "salah satu agenda yang beredar adalah masalah keanggotaan yang akan dibahas lagi. Ini pertama kali dibahas dalam KTT Pemimpin khusus 'di Honiara pada bulan Juli.
"Selain itu, agenda penting bagi saya sebagai DG baru adalah Program Kerja dan Anggaran 2017, yang kami sedang bekerja dan badan kita harus menyetujui sebelum kita memasuki Tahun Baru."
Sebelumnya, Pemimpin MSG Summit dijadwalkan akan diselenggarakan di Port Vila dari 3-4 Oktober 2016.
Pada saat itu Asosiasi Papua Barat di Vanuatu menjadi tuan rumah wantok Summit, yang membawa bersama-sama kelompok dukungan Organisasi Masyarakat Sipil  untuk  Papua Barat dalam Melanesia, termasuk Gerakan United Liberation untuk Papua Barat (ULMWP), yang diselenggarakan di Port Vila secara paralel dengan Pemimpin MSG Summit .
Salah satu isu utama dalam KTT  adalah untuk meyakinkan para pemimpin MSG, untuk mendukung penerimaan ULMWP sebagai anggota penuh MSG.
Tapi hal ini tidak berhasil karena Summit Leaders 'ditunda tanpa penjelasan dari Sekretariat MSG.
Awal tahun ini, para pemimpin MSG Summit dijadwalkan 03-05 Mei 2016 tapi kemudian ditangguhkan karena ketersediaan dan komitmen dari pemimpin.
Ini merupakan pukulan Asosiasi Papua  Barat dari Vanuatu, yang telah mengorganisir pawai umum bertepatan dengan KTT para pemimpin MSG '.
Seperti diketahui,  soal keuangan, hingga kini negara Papua New Guinea belum ada kontribusi untuk  keuangan yang dibebangkan dari MSG. Fiji dan Solomon telah sepenuhnya membuat kontribusi mereka 28 U$D dan DG Yauvoli berharap bahwa PNG dapat memberikan kontribusi sebelum akhir 2016.
Sumber : Admin/ Daily Vanuatu
Share on Google Plus

About Knpb Sektor Dagiito

0 komentar:

Posting Komentar